Visi dan Misi manusia dalam kehidupan

Gambar Ilustrasi

Visi dan Misi merupakan dua hal yang sangat berkaitan. Visi merupakan rangkaian impian, harapan dan cita-cita yang ingin dicapai sedangkan Misi adalah tujuan utama berarti misi adalah suatu proses dimana tujuan utama tersebut harus dikerjakan untuk mecapai visi tersebut.  Kitab suci Al-Qur’an yang dijadikan pedoman kehidupan umat muslim telah menjelaskan visi dan misi manusia dalam menjalankan kehidupannya di dunia. Visi manusia sebagai seorang muslim adalah selalu berada di jalan Allah SWT dan menjadi orang yang baik dan beriman, bertakwa kepada Allah. Berlomba-lomba mendapatkan pahala untuk dijadikan bekal amal perbuatan selama hidup agar mendapatkan kebahagiaan di akhirat nanti.

Semua visi dan misi seorang muslim terdapat pada beberapa ayat dalam Al-quran. Diantaranya ayat yang menjelaskan visi tersebut adalah surat Al-Baqarah ayat 201 yang artinya : “Dan di antara mereka ada yang berdo’a: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan (kebahagian) di dunia dan kebahagian di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka” .

Adapaun ayat yang menjelaskan misi seorang muslim adalah surat Az-Zariyat ayat 56 yang artinya : “Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku”. Dalam ayat tersebut  sudah sangat jelas bahwasanya kita sebagai makhluk Allah SWT yang telah diciptakanNya supaya menyembah hanya kepada Allah. Beribadah kepada Allah secara tulus tanpa paksaan. Banyak sekali jenis untuk beribadah seperti yang disebutkan dalam Rukun Islam diantaranya adalah salat, puasa, zakat dan menjalankan haji bagi yang mampu. Ibadah yang paling wajib dan selalu kita kerjakan setiap harinya adalah salat. Salat merupakan ibadah pertama yang akan dihisab di akhirat. Maka dari itu hendaknya seorang muslim tidak meninggalkan salat 5 waktu.

Ayat kedua yang menjelaskan misi seorang muslim adalah surat Al-Baqarah ayat 30 yang artinya : “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, “Aku hendak menjadikan khalifah di bumi”. Mereka berkata “Apakah Engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan daraj disana, sedangkan kami bertasbih memujiMu dan menyucikan namaMu?” Dia berfirman, “Sungguh Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui”. Dalam ayat tersebut  dijelaskan Allah menciptakan manusia untuk dijadikan khalifah di bumi sebagai wakil Allah SWT . tujuannya untuk menggantikan rasulullah yang telah wafat dalam mengelola segala sesuatu yang ada di bumi dan kemakmuran di dalamnya. Maka kita sebagai manusia yang hanya menumpang harusnya selalu bersyukur kepada Allah. Tidak hanya itu kita harus merawat dan melestarikan bumi beserta isinya.

Ayat selanjutnya pada surat AL Mu’minun ayat 115 yang artinya : “Maka apakah kamu mengira bahwa Kami menciptakan kamu main-main (tanpa ada maksud) dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami? ”. ayat tersebut menjelaskan Allah menciptkakan manusia tidak hanya sekedar membuatnya, melainkan semata-mata sebagai hamba Allah yang senantiasa menyembah hanya kepada Allah SWT. Berlomba-lomba berbuat kebaikan sesuai syariat Islam untuk dijadikan bekal amal perbuatan di akhirat nantinya. Karena pada dasarnya kita akan kembali kepadaNya, Sang Pencipta  yang tak lain adalah Allah, Tuhan yang Maha Esa. Hanya kepadaNya kita berdoa dan bersujud karena tiada Tuhan selain Allah SWT.

Demikian visi dan misi manusia dalam kehidupan di dunia sesuai dengan ayat-ayat yang terdapat dalam surat-surat dalam Al-qur’an. Penjelasan ayat-ayat diatas hanyalah sebagian ayat yang menyatakan visi dan misi manusia. Semoaga kita sebagai umat muslim yang beriman senantiasa selalu dijalan Allah dalam menjalankan visi dan misi Allah dengan bersungguh-sungguh.