Hikmah Beriman Kepada Qada dan Qadar

Beriman kepada Qada dan Qadar merupakan rukun iman yang keenam dari 6 hal. Maksud dari iman kepada Qada dan Qadar adalah mempercayai dan meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah telah menetapkan dan memutuskan terhadap setiap makhlukNya atas kehendaknya. Dalam Al-qur’an ketetapan qada dan qadar dijelaskan dalam surat  Al Furqon ayat 2 yang artinya :

Yang kepunyaan-Nya-lah kerajaan langit dan bumi, dan Dia tidak mempunyai anak, dan tidak ada sekutu bagi-Nya dalam kekuasaan(Nya), dan dia telah menciptakan segala sesuatu, dan Dia menetapkan ukuran-ukurannya dengan serapi-rapinya”.

Seorang muslim yang memiliki keimanan pada qada dan qadar akan mendapatkan banyak hikmah, ulasan dibawah ini akan menyebutkan hikmak beriman kepada qada dan qadar antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Termasuk orang yang beriman

Setiap orang muslim yang beriman akan percaya dan yakin atas ketetapan dan keputusan Allah SWT. tentunya untuk masuk ke dalam golongan orang yang beriman harus memiliki rasa iman kepada qada dan qadar.

  1. Banyak-banyak bersyukur

Seseorang yang beriman kepada qada dan qadar akan lebih banyak bersyukur. Selalu mensyukuri segala sesuatu di kehidupannya dan menerima bahwa segalanya diberikan oleh Allah SWT kepada kita sesuai dengan takaran masing-masing orang. Hal ini dijelaskan dalam Al-Qur’an surat An-Nahl ayat 53 yang artinya :

Dan apa saja nikmat yang ada pada kamu, maka dari Allah-lah (datangnya), dan bila kamu ditimpa oleh kemudharatan, maka hanya kepada-Nya-lah kamu meminta pertolongan”.

  1. Selalu sabar

Dengan beriman kepada qada dan qadar kita akan meingkatkan kesabaran. Seseorang yang beriman kepada qada dan qadar akan sadar dengan ketetapan yang telah Allah SWT berikan. Seperti yang sudah dijelaskan dalam AL-Qur’an pada surat Asy-Syura ayat 33 yang artinya :

Dan, di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah kapal-kapal (yang berlayar) di laut seperti gunung-gunung. Jikalau Dia menghendaki, Dia akan menenangkan angin, maka jadilah kapal-kapal itu terhenti di permukaan laut. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan) -Nya bagi setiap orang yang bersabar dan banyak bersyukur”.

  1. Menjadi pribadi yang tenang

Seseorang akan merasa jiwanya menjadi lebih tenang adalah salah satu hikmah beriman kepada qada dan qadar. Kehidupannya akan jauh dari kesusahan, meskipun ia diberi cobaan yang sulit namun karena ia yakin pada takdir Allah SWT akan membuatnya selalu merasa lebih tenang.

Diperjelas pada Surat Ar-Ra’du ayat 28 yang artinya :

“Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan berzikir (mengingat) Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram” .

  1. Terhindar dari sifat sombong

Siapapun yang beriman kepada qada dan qadar akan terhindar dari sifat sombong dan angkuh. Karena orang tersebut percaya segala sesuatu yang dialaminya semua karena ketetapan Allah SWT. Dijelaskan dalam Al-quran surat Luqman ayat 18 yang artinya :

Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri”.

  1. Selalu optimis dan tawaqal kepada Allah

Setiap seseorang yang beriman kepada Allah akan selalu berusaha optimis dan bertawaqal kepada Allah. Golongan orang tersebut akan selalu menerima setiap keputusan dari Allah SWT.

Dalam surat AL-maidah Ayat 23 yang artinya : “Dan hanya kepada Allah-lah kalian betawakal, jika kalian benar-benar orang yang beriman”.

Demikian, beberapa hikmah yang akan didapatkan oleh seorang muslim yang beriman kepada Qada dan Qadar. Qada dan Qadar merupakan rukun iman dan hal itu adalah salah satu benuk ketaqwaan kita kepada Tuhan Yang Maha Esa yaitu Allah SWT.