Hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah SWT

 

Beriman kepada kitab-kitab Allah SWT merupakan rukun iman yang ketiga dari 6 hal dalam rukun Iman. Iman kepada kitab-kitab Allah artinya mempercayai dan meyakini bahwa Allah SWT telah menurunkan kitab-kitabNya kepada RasulNya yang berisi larangan, perintah, janji dan ancamanNya. Dalam Al-Qur’an sudah dijelaskan pada surat An Nisa ayat 136 yang artinya :

Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya”.

Kitab-kitab tersebut diturunkan sebagai pedoman hidup bagi manusia di dalam kehidupannya. Ada 4 kitab yang diturunkan oleh Allah yang pertama kitab Taurat kepada Nabi Musa as, kitab Zabur kepada Nabi Daud as, kitab Injil kepada Nabi Isa as, Dan yang terakhir kitab Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW. Al-Qur’an sendiri merupakan kitab suci bagi umat Islam sebagai pedoman hidup. Allah SWT menicptakan kitab-kitab dan menurunkannya kepada para RasulNya bukan tanpa sebab, adapun hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah. Dibawah ini akan diulas beberapa hikmah yang terkandung didalamnya, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Semakin memperkuat keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT yang telah menurunkan kitab-kitab kepada para rasul-Nya
  2. Memberikan petunjuk kepada manusia mana yang benar dan yang salah sehingga kehidupan manusia menjadi tertata dan teratur karena adanya larangan yang bersumber dari kitab suci.
  3. Sebagai pedoman hidup dalam menjalankan perintah dan manjauhi Larangan Allah SWT agar senantiasa selalu berada di jalan yang lurus (jalan yang Allah ridoi).
  4. Menumbuhkan sikap optimis dan semakin termotivasi untuk menjalan perintah Allah supaya mendapatkan kebahagiaan dan kesuksesan di dunia dan di akhirat nanti, karena Allah SWT menjajikan kebahagiaan berupa surga, bidadari, ketenangan jiwa dan lainnya kepada umat Islam yang beriman kepada kitab-kitab Allah SWT. seperti yang dijelaskan dalam Al-Qur’an pada surat Al-baqarah ayat 25 yang artinya “Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik,bahwa bagi mereka disediakan surga-surga”.
  5. Semakin bersemangat untuk menjauhi larangan-larangan Allah karena di dalam kitab-kitab Allah ada ancaman-ancaman berupa neraka, adzab, kesedihan dan lainnya.
  6. Di akhirat nanti akan mendapatkan (Syafa’at) pertolongan dari Allah SWT.
  7. Manusia dapat mengetahui betapa besarnya perhatian dan kasih sayang Allah SWT kepada para hamba dan makhlukNya.
  8. Selalu bersyukur atas segala anugerah dan nikmat Allah SWT, karena Allah SWT telah memberikan petunjuk yang benar melalui kitab-kitabnya.
  9. Dapat meningkatkan toleransi karena di dalam kitab-kitab Allah SWT memberikan penjelasan tentang toleransi, saling menghormati dan menghargai sesama manusia. Baik sesama muslim ataupun nonmuslim.
  10. Kita bisa mendapatkan informasi sejarah kehidupan orang-orang terdahulu. Dengan begitu hal itu bisa dijadikan pelajaran hidup bagi umat manusia selanjutnya.

Orang-orang yang beriman akan mengimani adanya kitab-kitab Allah. Terutama sebagai umat muslim akan senantiasa meyakini bahwa Al-Qur’an telah diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malakaikat Jibril oleh Allah SWT. Salah satu contoh sikap dan perilaku kita sebagai umat musllim yang menceriminkan beriman kepada kitab Allah SWT dalam kehidupan sehari adalah selalu membaca Al-Qur’an (tadarus) setelah melaksanakan shalat wajib atau saat waktu luang.