8 Pintu Neraka dan Calon Penghuninya

Sebagai hambaNya yang diciptakan oleh Allah SWT  tentunya kita harus menjalankan perintah dan menjauhi semua laranganNya. dan suatu saat kita akan kembali kepadaNya, tidak ada yang tau kapan seseorang akan meninggal hanya Allah Yang Maha Esa yang mengetahuinya. Setelah seseorang meninggal, ada dua tempat pilihan terakhir yaitu surga dan neraka. Neraka adalah tempat orang-orang kafir dimana mereka selalu melakukan larangan-larangan Allah SWT. Dalam Al-Qur’an Allah berfirman pada suray Al Infithar ayat 13-14 yang artinya : “Sesungguhnya orang-orang yang banyak berbakti benar-benar berada dalam surga yang penuh kenikmatan, dan sesungguhnya orang-orang yang durhaka benar-benar berada dalam neraka”.

Dibawah ini akan dibahas 8 pintu neraka dan siksaan bagi calon penghuninya. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Neraka Hawiyah

Yang pertama adalah neraka hawiyah. Neraka hawiyah ditempati oleh orang-orang yang mempunyai amal perbutan yang ringan. Mereka adalah orang-orang yang selama di kehidupannya mengerjakan kebaikan bercampur dengan keburukan.  Mereka adalah orang-orang yang tidak menerima ajaran islam seperti contohnya mencari rezeki dengan cara yang tidak halal atau memakan uang riba.

Dalam Al-Qur’an surat Al Qori’ah ayat 8-11 dijelaskan adanya neraka hawiyah, yang artinya : “Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya, maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. Dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu? (yaitu) api yang sangat panas”.

  1. Neraka Jahim

Kedua adalah neraka jahim. Neraka jahim adalah tempat penyiksaan bagi orang-orang musyrik (menyekutukan Allah). Neraka ini dijelaskan dalam Al-Qur’an pada surat As Syu’araa ayat 91-92 yang artinya :

Dan diperlihatkan dengan jelas neraka Jahim kepada orang-orang yang sesat.dan dikatakan kepada mereka: “Di manakah berhala-berhala yang dahulu kamu selalu menyembah (Nya).”

  1. Neraka Saqar

Ketiga yaitu neraka saqar. Meraka saqar adalah tempat bagi orang-orang yang mendustakan agama atau munafik. Dalam surat AlMuddatsir ayat 26-27 dijelaskan tentang neraka saqar, Allah berfirman : “Tahukah kamu apa (neraka) Saqar itu? Saqar itu tidak meninggalkan dan tidak membiarkan.”

  1. Neraka Lazza

Keempat adalah neraka Lazza yaitu neraka yang apinya menyebabkan mengelupasna kulit kepada. Hal ini ijelaskan dalam surat Al-Ma’aarij ayat 15-18 yang artinya : “Sekali-kali tidak dapat. Sesungguhnya neraka itu adalah api yang bergejolak, Yang mengelupaskan kulit kepala, Yang memanggil orang yang membelakang dan yang berpaling (dari agama). Serta mengumpulkan (harta benda) lalu menyimpannya.”

  1. Neraka Huthamah

Kelima neraka huthamah. Neraka ini untuk orang-orang yang serakah dan menghina orang miskin serta tidak mau bersedekah. Neraka huthamah dijelaskan dalam surat Al-Humazah ayat 4 yang artinya : “Sekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah. Dan tahukah kamu apa Huthamah itu? (yaitu) api (disediakan) Allah yang dinyalakan, yang (naik) sampai ke hati.”

  1. Neraka Sa’ir

Keenam adalah neraka sa’ir. Neraka ini ditempati orang-orang yang ingkar kepada Allah SWT. contohnya memakan harta anak yatim. Hal ini dijelaskan dalam surat  Al Mulk ayat 5 yang artinya : “Sesungguhnya Kami telah menghiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang dan Kami jadikan bintang-bintang itu alat-alat pelempar syaitan, dan Kami sediakan bagi mereka siksa neraka yang menyala-nyala”.

  1. Neraka Wail

Ketujuh neraka Wail. Neraka ini adalah tempat untuk pedagang yang nakal. Contohnya yang mengurangi timbangan barang dagangannya. Dijelaskan dalam surat Al-Muthaffifin ayat 1-3 yang artinya : “Kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang curang, (yaitu) orang-orang yang apabila menerima takaran dari orang lain mereka minta dipenuhi. Dan apabila mereka menakar atau menimbang untuk orang lain, mereka mengurangi.”

  1. Neraka jahannam

Neraka yang terakhir adalah neraka jahannam. Neraka ini adalah tempat neraka yang paling jahannam dan yang paling berat siksaannya. Hal ini dijelaskan dalam surat Al Hijr ayat 43-44 yang artinya : “Dan sesungguhnya Jahannam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (pengikut-pengikut syaitan) semuanya. Jahannam itu mempunyai tujuh pintu. Tiap-tiap pintu (telah ditetapkan) untuk golongan yang tertentu dari mereka.””

Demikian, 8 nama pintu neraka beserta calon penghuninya. Semoga dengan mengetahui adanya neraka ini, kita lebih memperbanyak amal perbuatan dan menghindari larangan-larangan Allah SWT.