5 Rukun Islam dan Maknanya

Rukun Islam adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh umat Islam yang digunakan sebagai pondasi untuk orang-orang beriman. Sejak kecil harus lah memahami rukun islam. Salah satu syarat sah menjadi seorang muslim adalah melakukan dan mengamalkan rukun Islam. Rukun islam ada lima. Dan 5 hal tersebut merupakan amalan dan perbuatan yang berbentuk fisik. Rukun islam berbeda dengan rukun Iman, karena rukun iman merupakan amalan yang bersifat keyakinan dalam hati. Dibawah ini adalah 5 rukun Islam dan makna yang terkandung, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Mengucapkan dua kalimat syahadat

Rukun Islam yang pertama adalah mengucapkan dua kaliamat syahadat. Dalam bahasa latin bunyi kalimat syahadat adalah “Asy-hadu allaa ilaaha illallaahu wa asy-hadu anna muhammadarrasuulullahi” yang artinya adalah “Aku bersaksi tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah”. Pada dua kalimat syahadat maksudnya adalah yang hanya patut disembah adalah Allah dan tidak ada lainnya. Tidak ada Tuhan selain Allah dan Allah lah yang menguasai seluruh alam semesta. Dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah SWT.

  1. Mendirikan Salat

Setelah rukun islam yang pertama sebagai seorang muslim kitapun wajib melakukan rukun Islam yang kedua yaitu mendirikan salat. Salat wajib bisa disubut salat 5 waktu. Salat 5 waktu terdiri dari :

    1. Salat Subuh, berjumlah 2 rakaat. Dilakukan sebelum terbitnya fajar sekitar pukul 04.00.
    2. Salah Dzuhur, berjumlah 4 rakaat. Dikerjakan pada saat siang hari sekitar pukul 12.00.
    3. Salat Asyar, berjumlah 4 rakaat. Dikerjakan pada saat sore hari sekitar pukul 15.30.
    4. Salah Magrib, berjumlah 3 rakaat. Dikerjakan pada saat matahari terbenam sampai masuk waktu Isya’ .
    5. Salat Isyak, berjumlah 4 rakaat. Dikerjakan pada malam hari sekitar pukul 19.00.

Sebagai seorang muslim kita wajib mengerjakan solat 5 waktu dan sebaik-baiknya dikerjakan tepat waktu.

  1. Puasa di Bulan Ramadhan

Rukun Islam yang ketiga adalah berpuasa di bulan ramadhan. Kita wajib mengerjakan puasa satu bulan penuh di bulan Ramadhan. Hal ini dilakukan dengan tujuan mencapai ketakwaan kita kepada Allah SWT. hikmah yang bisa kita ambil dari berpuasa antara lain adalah melatih kesabaran, menumbuhkan rasa empati kepada orang sehingga kita terdorong untuk membantu orang yang kurang mampu. Selain itu berpuasa satu bulan penuh mengajarkan umat islam untuk menahan hawa nafsu baik itu menahan lapar, haus dan menahan berbuat dosa. Sejak dini kita dilatih untuk berpuasa, mulai lah berpuasa setengah hari tidak makan minum.

  1. Menunaikan Zakat

Rukun Islam yang keempat merupakan ibadan yang wajib dilakukan bagi seorang muslim, terkecuali orang yang kurang mampu. Dalam Islam Zakat dibagi menjadi dua, yaitu :

    1. Zakat fitrah, zakat yang dikelaurkan pada bulan Ramadhan. Jumlah zakat fitrah adalah 2, 5 kg beras atau bisa digantikan dengan uang yang setara dengan jumla beras tersebut.
    2. Zakat mal, zakat yang dikeluarkan berdasarkan penghasilan. Jumlah zakat mal adalah 2,5 persen dari harta yang diperoleh dari penghasilan.
  1. Menunaikan Ibadan Haji bagi yang Mampu

Rukun Islam yang terakir adalah pergi haji ke Mekkah, hal ini wajib bagi seorang muslim yang mampu secara fisik dan finansial setidaknya satu kali seumur hidup. kewajiban ini terdapat dalam Al-quran surat Ali-Imran ayat 97 yang artinya :” …mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam”.

Demikian 5 rukun Islam dan penjelasannya, sebagai seorang Muslim kita wajib mengerjakan 5 hal tersebut. Rukun Islam menjadi dasar kehidupan seseorang muslim maka sangat penting diterapkan sejak dini.