4 Kitab-kitab yang Allah Turunkan Kepada Nabi dan Rasul

Kitab Suci yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi dan Rasul-Nya bukan hanya satu melainkan lebih dari itu. Kitab Allah adalah catatan-catatan yang difirmankan oleh Allah SWT kepada Nabi dan Rasul-Nya, kita sebagai umat Islam diwajibkan mengimani empat kitab-kitab Allah. Mengimani kitab-kitab Allah termasuk dalam Rukun Iman yaitu rukun iman yang ketiga. Maksud dari iman kepada kitab-kitab Allah itu sendiri adalah percaya dan meyakini sepenuh hati bahwa Allah SWT telah menurunkan kitab-kitab-Nya kepada para Nabi dan Rasul yang sudah diberi wahyu Allah. Kitab-kitab tersebutlah yang akan disampaikan kepada seluruh umat yang berisi semua perintah dan Larangan-Nya sebagai petunjuk bagi manusia. Dibawah ini akan dibahas empat kitab-kitab Allah yang diterima oleh utusan (nabi) yang berbeda dan yang wajib diimani, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kitab Tauratgulungan kitab taurat kuno

Taurat adalah kitab Allah yang diturunkan kepada Nabi Musa as. Kitab ini diturunkan kurang lebih pada abad 12 sebelum Masehi di daerah Israil dan Mesir. Kitab Taurat menggunakan Bahasa Ibrani.  Taurat dalam bahasa ibrani adalah Torah yang artinya “Instruksi”, sedangkan dalam bahasa arab adalah Al-Tawrah. Kitab ini mengandung hukum syarak dan keyakinan kepada Allah SWT. Dalam kitab taurat berisi tentang sejarah nabi terdahulu sampai sejarah perjalan Nabi Musa AS dan beberapa kumpulan hukum Allah. Namun, sekarang ini kitab Taurat yang asli sudah tidak akan bisa ditemukan. Sudah dijelaskan dalam Al-Qur’an pada surat Ali’ Imran ayat 3 yang artinya :

“Dia menurunkan Kitab (Al-Qur’an) kepada-Mu (Muhammad SAW) yang mengandung kebenaran, membenarkan (kitab-kitab) se-belumnya dan menurunkan Taurat dan Injil  ”

  1. Kitab Zaburzabur kitab allah

Zabur adalah kitab Allah yang diturunkan kepada Nabi Daud as kepada kaum Bani Israil. Kitab ini diturunkan kurang lebih pada abad 10 sebelum Masehi di tanah Kanaan. Kitab Zabur menggunakan bahasa Qibthi. Kitab ini mengandung berita, cerita, zikir doa dan hikmah-hikmah. Pada masa itu Nabi Daud dan para pengikutnya masih mengikuti syariat yang dibawa Nabi Musa as karena Nabi Daud tidak memiliki syariat tersendiri.

 

  1. Kitab Injil

injil barbanas asli kuno

Injil adalah kitab Allah yang diturunkan kepada Nabi Isa as. Kitab ini diturunkan pada hari ke-13 Ramadhan di Palestina. Dalam kitab Injil isi pokoknya adalah ajaran untuk hidup dengan zuhud dan menjauhi sifat rakus dan tamak di dunia. Kitab injil menjadi ajaran yang menyempurnakan kitab Taurat. Penjelasan ini terdapat pada Al-quran surat Al- Maidah ayat 46 yang artinya : “Dan Kami teruskan jejak mereka dengan mengutus Isa putra Maryam, membenarkan Kitab yang sebelumnya, yaitu Taurat. Dan Kami menurunkan Injil kepadanya, di dalamnya terdapat petunjuk dan cahaya, dan membenarkan Kitab yang sebelumnya yaitu Taurat, dan sebagai petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa”.

  1. Kitab Al-Qur’anAl QURAN kuran Koran

Al-Qur’an adalah kita Allah yang diturunkan kepada Nabi terakhir yaitu Nabi Muhammad SAW. Kitab suci ini diturunkan sekaligus kepada Nabi Muhammad beransur-ansur selama kurang lebih 22 tahun 2 bulan 22 hari di Mekah. kitab Suci Al-qur’an berisikan ajaran ilmu Islam yang mencakup aqidah (keimanan) dan akhkak, ibadah mualamah, janji dan ancaman. Kitab Suci Al-qur’an diturunkan oleh Allah kepda Nabi Muhammad melalui malaikat Jibril. Kedudukan Al-qur’an sebagai sumber dari segala sumber hukum islam.

Baca juga : Kembalinya Kejayaan Islam

Demikian, 4 kitab-kitab Allah SWT yang harus kita imani dan percaya bahwa kitab-kitab Allah benar adanya diturunkan kepada Nabi dan Rasul-Nya. Kita sebagai umat Islam harus berpedoman hidup pada kitab Suci Al-Qur’an, supaya tercapai kebahagiaan di dunia dan Akhirat.