25 Nama-nama Nabi yang Wajib Kita Ketahui

Nabi ” Utusan Allah

Nabi berasal dari bahasa arab yaitu Naba yang berarti “tinggi”. Nabi adalah seseorang yang mendapatkan wahyu dari Allah SWT untuk dirinya sendiri  dan diperintahkan untuk menyampaikan kepada umatnya. Nabi dan Rasul merupakan suri tauladan bagi umat Islam. Semua perilakunya patut dicontoh oleh manusia dalam kehidupan di dunia. Masing-masing nabi dan rasul memiliki ceritanya masing-masing dalam mengajarkan imu tauhid kepada umatnya. Sebagai manusia yang terpilih oleh Allah SWT, para Nabi dan Rasul memiliki sifat yang sangat mulia mereka diutus untuk menuntun umatnya ke jalan yang benar. Dimana hanya Allah, Tuhan Yang Maha Esa yang harus disembah. Dibawah ini, nama-nama 25 Nabi yang wajib diketahui oleh umat Islam, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Nabi adam AS

Adam merupakan nabi pertama serta khalifah pertama yang diciptkan dari saripati tanah oleh Allah SWT. manjadi khalifah pertama di bumi adalah salah satu mukjizat yang diberikan oleh Allah.

  1. Nabi idris AS

Idris merupakan keturunan keenam Nabi Adam AS, beliau terkenal karena kecerdasannya. Salah satu mukjizatnya adalah pernah merasakan sakaratul maut dan dihidupkan kembali oleh Allah SWT.

  1. Nabi Nuh AS

Nabi Nuh adalah salah satu nabi yang mendapatkan gelar Ulul Azmi. Mukjizat yang beliau dapat adalah menyelamkan diri serta pengikutnya dari banjir bandang di sebuah bahtera yang beliau buat sebelumnya atas perintah Allah.

  1. Nabi Hud AS

Nabi Hud diutus oleh Allah untuk mengajak kaum Aad menyembah Allah. Mukjizat yang diperolehnya adalah mampu menurunkan hujan pada saat kaum Aad dilanda kekeringan. Beliau lakukan itu semua atas izin Allah semata.

  1. Nabi Shaleh AS

Nabi Shaleh diutus Allah ke kaum Tsamud. Dimana kaum tersebut murupakan keturunan dari kaum Aad. Mukjizat yang beliau peroleh salah satunya adalah memunculkan unta betina yang hamil 10 bulan dari celah batu.

  1. Nabi Ibrahim AS

Nabi ibrahim disebut “bapak para nabi”. Beliau juga merupakan salah satu dari Nabi yang diberi gelar Ulul Azmi. Salah satu mukjizat yang beliau peroleh adalah ketika hendak dibunuh dengan cara dibakar oleh raja Namrud beliau tidak terbakar dan tdak terluka sedikitpun.

  1. Nabi Luth AS

Nabi Luth diutus Allah SWT untuk kaum Sodom dan Gomarroh yang memiliki perilaku seks sesama jenis.  Beliau berdakwah pada kaum tersebut namun mereka menentang akirnya mereka mengusir Nabi Luth dan Allah berikan azab berupa bencana gempa bumi dan angin kencang.

  1. Nabi Ismail AS

Nabi Ismail adalah anak dari Nabi Ibrahim yang disembelih oleh Ibrahim sendiri. Namun atas kehendak Allah ketika akan disembelih Nabi Ismil berubah menjadi kambing. Akhirnya kejadian itu menjadi awal mula qurban pada hari raya Idul Adha.

  1. Nabi Ishaq AS

Nabi Ishaq adalah anak kedua nabi Ibrahim dari ibu yang berbeda. Dalam al- Qur’an disebutkan bahwa beliau adalah hamba yang memiliki ilmu dan akhlak yang baik.

  1. Nabi Yakqub AS

Nabi Yakqum merupakan anak dari Nabi Ishaq. Beliau digambarkan memiliki karakter yang kuat dan keimannya yang luar biasa kepada Allah.

  1. Nabi Yusuf AS

Nabi Yusuf merupakan putr dari Nabi Yakqub. Mukjizat yang dimilikinya adalah mampu menafsirkan mimpi.

  1. Nabi Ayub AS

Nabi Ayub adalah nabi yang memiliki kesabaran yang luar biasa. Mukjizat yang dimiliknya adalah mampu mengeluarkan air dan tanah yang bisa menyembuhkan penyakit.

  1. Nabi Syuaib

Nabi Syuaib diutus Allah pada Kaum Madyan, kaum yang suka melanggar perintah Allah. Akhirnya Allah SWT memberikan azab berupa badai panas, awan hitam serta gempa bumi.

  1. Nabi Musa AS

Salah satu  mukjizat yang dimiliknya adalah mampu membelah lautan dengan tongkat. Tongkat itupun bisa berubah menjadi ular. Itu semua tejadi atas kehendak Allah.

  1. Nabi Harus AS

Nabi Harus adalah seorang nabi yang dikaruniai kemampuan bahasa yang sangat baik. Beliau membantu Nabi Musa melawan Raja Fir’aun untuk melindungi kaumnya.

  1. Nabi Dzulkifli AS

Nabi Zulkifli AS adalah salah satu utusan Allah yang sangat sabar serta dermawan. Beliau sangat tegar mengajak kaumnya tetap di jalan Allah.

  1. Nabi Daud AS

Mukjizat yang di dapatkan Nabi Daud adalah diberikannya kitab Zabur dan beliau memiliki suara yang begitu merdu.

  1. Nabi Sulaiman AS

Nabi sulaiman terkenal sebagai raja yang kaya raya. Beliau diberi mukjizat salah satunya adalah berbicara dengan binatang.

  1. Nabi Ilyas AS

Nabi Ilyas diutus Allah menghadapi kaum yang gemar menyembang patung. Lalu Allah memberikan zab berupa kekeringan yang panjang kepada kaumnya yang tidak berada di jalan Allah.

  1. Nabi Ilyasa AS

Nabi Ilyasa diberi mukjizat bisa menghidupkan orang mati atas kehendak Allah SWT.

  1. Nabi Yunus AS

Nabi Yunus terkenal karena meski ditelan ikan paus, beliau selamat. Itulah salah satu mukjizat Nabi Yunus.

  1. Nabi dzakaria AS

Nabi Dzakaria merupakan nabi yang memiliki sifat rendah hati dan selalu bersyukur kepada Allah SWT.

  1. Nabi Yahya AS

Nabi Yahya adalah putra dari nabi Dzakaria. Beliau merupakan nabi yang sangat berprinsip dalam menegakkan kebenaran.

  1. Nabi Isa AS

Nabi Isa dari lahir sudah bisa berbicara. Beliau mendapatkan mukjizat berupa kitab Injil.

  1. Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad adalah nabi terakhir. Mukjizat terbesarnya adalah Al-quran. Al-quran digunakan sebagai pedoman hidup umat Islam. Dan masih banyak lagi yang Allah berikan kepada Nabi Muhammad SAW.

Demikian nama-nama Nabi dan Rasul Allah yang wajib kita ketahui dan kita iman. Sebagai umat muslim salah satu menjalankan perintah Allah adalah beriman kepada rasul Allah.