10 Perintah Allah SWT Dalam Al-Qur’an

Kitab Suci Al-Qur’an yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril digunakan sebagai pedoman hidup. Dalam Al-Qur’an berisikan larangan dan perintah Allah untuk kehidupan manusia di dunia dan di akhirat. Pada bacaan kali ini akan dibahas tentang 10 perintah-perintah Allah Dalam Al-Qur’an, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Beriman kepada Allah SWT

Sebagai makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT diwajibkan untuk selalu beriman kepada Allah SWT. Salah satunya dengan cara percaya dengan 6 hal yang disebutkan dalam rukun Iman. Diantaranya adalah iman kepada Allah SWT, malaikat Allah, kitab Allah, Nabi dan Rasul, hari kiamat serta iman kepada Qada dan Qadar. Banyak sekali ayat Al-Qur’an yang menyebutkan hal itu, salah satunya adalah pada surat Al-Baqarah ayat 163 yang artinya : “Dan Tuhan itu, Tuhan Yang Maha Esa. Tidak ada Tuhan selain Dia. Yang Maha Pemurah dan Maha Penyayang”.

  1. Mendirikan salat

Sebagai umat muslim wajib hukumnya untuk mengerjakan salat 5 waktu. Perintah salat dalam Al-Qur’an terdapat pada surat Al-Baqarah ayat 45 yang artinya : “Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat. Dan (sholat) itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk”.

  1. Berbagi dan bersedekah

Untuk seorang muslim yang dikatagorikan mampu wajib untuk berbagi sebagian rizki kepada orang-orang yang membutuhkan. Seperti yang telah disebutkan pada surat Al-Baqarah ayat 3 yang artinya : “Adapun orang-orang yang beriman dengan yang ghaib dan mendirikan sembahyang dan menginfakkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka”.

  1. Mengimani Al-Qur-an dan kitab-kitabNya

Seseorang yang beriman akan percaya bahwa Allah telah menurunkan kitab-kitabnya kepada para utusannya yaitu Nabi dan Rasul.

surat An-Nisa ayat 136 yang artinya : “Hai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada Kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya, serta Kitab yang Allah turunkan sebelumnya”.

  1. Percaya akan adanya (kehidupan) di akhirat

Iman kepada hari akhir atau hari kiamat merupakan rukun iman yang kelima. Oleh karena itu umat muslim wajib percaya akan adanya kehidupan di akhirat yang selanjutnya manusia dimintai pertanggung jawaban selama hidupnya di Dunia.

Surat Al-Anbiya ayat 47 yang artinya : “Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari kiamat, maka tiadalah dirugikan seseorang barang sedikitpun. Dan jika (amalan itu) hanya seberat biji sawipun pasti Kami mendatangkan (pahala)nya. Dan cukuplah Kami sebagai pembuat perhitungan”.

  1. Bersyukur kepada Allah

sebagai makhluk Allah yang dijadikan khalifah di bumi, kita diwajibkan untuk senantiasa mengucap syukur kepada Sang Pencipta yaitu Allah SWT.

Surat Ibrahim ayat 7 yang artinya : “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.

  1. Meminta kepada Allah SWT

Setiap orang yang beriman hanya kepada Allah akan selalu meminta pertolongan kepada Tuhan yang Maha Esa yaitu Allah.

Surat Al-Fatihah ayat 5 yang artinya : “Hanya kepada Engkau-lah kami menyembah dan hanya Engkau-lah kami mohon pertolongan”.

  1. Memakan makanan halal

Perintah Allah selanjutnya adalah untuk selalu menjaga makanan yang dikonsumsi, yaitu memakan makanan halal, karena dengan mengikuti perintah Allah akan mendapat pengaruh positif bagi manusia dan baik untuk tubuh kita.

Surat Al-Baqarah ayat 168 yang artinya : “Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan; karena sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagimu”.

  1. Menepati Janjinya

Umat islam wajib memelihara amanat dan tidak merusak janji Allah. Seperti yang disebutkan dalam surat An-Nahl ayat 91 yang artinya : “Dan tepatilah perjanjian dengan Allah apabila kamu berjanji dan janganlah kamu membatalkan sumpah-sumpah(mu) itu, sesudah meneguhkannya, sedang kamu telah menjadikan Allah sebagai saksimu (terhadap sumpah-sumpahmu itu). Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang kamu perbuat”.

  1. Berpuasa

Surat Al-Baqarah ayat 183 yang artinya : “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”. Sebagai orang yang beriman kita diwajibkan berpuasa selama sebulan pada bulan ramadhan.

Demikian 10 perintah-perintah Allah yang terdapat dalam Al-Qur’an.Namun sebenernya tidak hanya 10 saja perintah Allah, tetapi banyak perintah lainnya yang bisa menjadikan kita senantiasa berada di jalan Allh SWT.